-->

TEKNIK-TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAKBOLA - LENGKAP !

Dalam permainan sepakbola sangat penting mengetahui teknik dasar yang baik. Pemain yang paham akan teknik dasar akan bermain lebih baik dalam permainan sepakbola.

TEKNIK-TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAKBOLA

Beberapa teknik dasar yang harus dikuasai pemain sepakbola adalah :

  1. Teknik Menendang Bola ( Kicking )
  2. Teknik Menggiring Bola ( Dribbling )
  3. Teknik Menyundul Bola ( Heading )
  4. Teknik Menghentikan / Merebut Bola ( Tackling )
  5. Teknik Penguasaan Bola ( Ball Control )
  6. Teknik Lemparan Kedalam ( Throw-in )
  7. Teknik Menjaga Gawang ( Goal Keeping )

Akan dijelaskan secara singkat beberapa teknik dasar dalam permainan sepak bola sebagai berikut


01 - Teknik Menendang Bola


Tujuan menendang bola adalah mengoptimalkan distribusi bola antar pemain dengan jarak yang cukup. Menendang bola dibagi menjadi dua - Mengoper bola ( passing ) dan Menembak ke gawang ( Shooting on goal ). Jika dapat menguasai teknik menendang dengan benar baik menggunakan kaki dalam, luar dan punggung kaki, maka bisa melatih untuk menendang bola melengkung yang sangat efektif ketika tendangan bebas atau sepakan pojok.


02 - Teknik Menggiring Bola


Pada dasarnya teknik menggiring bola adalah menendang pelan bola secara terus menerus. Tujuan dari menggiring bola adalah untuk melewati lawan, mengatur arah bola dan memperlambat tempo permainan. Dengan menggiring bola yang sempurna dipadu dengan kecepatan merupakan ciri khas pemain hebat di dunia sebut aja Lionel Messi atau Christiano Ronaldo.


03 - Teknik Menyundul Bola


Dalam permainan sepakbola semua bagian tubuh kecuali tangan diperbolahkan untuk tersentuh bola. Dengan mempelajari teknik yang benar, kepala bisa digunakan untuk menahan bola, mengoper bola atau menyundul untuk mencetak gol.

04 - Teknik Menghentikan / Merebut Bola


Teknik ini digunakan ketika lawan menguasai bola. Merebut bola bisa ketika beradu lari atau mencuri dengan mentackle dari bawah. Tujuan merebut bola adalah menghentikan pergerakan lawan sehingga tidak masuk ke daerah pertahanan kita.


05 - Teknik Penguasaan Bola


Menjaga bola dari lawan adalah suatu hal yang penting. Teknik ini sangat dasar dan dipelajari di sekolah sepakbola. Pemain tidak akan mudah kehilangan bola jika mempunyai dasar teknik penguasaan bola yang baik.

06 - Teknik Lemparan Kedalam


Dalam satu tim biasanya ada spesialis untuk lemparan kedalam. Hal ini dikarenakan jika salah dalam melempar bola akan dinyatakan fault dan lemparan kedalam akan berpindah ke tim lawan.

07 - Teknik Menjaga Gawang


Kiper merupakan sosok terakhir dalam garis pertahanan. Kiper mempunyai keunggulan dapat menyentuh bola dengan tangan di area kotak pinalti wilayahnya. Dengan teknik menjaga gawang yang baik, seorang kiper bisa membaca arah pergerakan bola dan lawan dengan baik.

Untuk bermain sepak bola, apapun posisi yang dipilih harus mempelajari teknik-teknik dasar terlebih dahulu. Jangan sampai ketika peluit berbunyi tanda permainan dimulai, anda masih bingung cara menendang, menggiring atau merebut bola dari lawan. Selain teknik dasar, peraturan permainan sepak bola juga harus dipahami.
Baca juga : Peraturan Sepakbola Menurut FIFA

TEKNIK-TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAKBOLA - LENGKAP !