-->

Teknik Menendang Bola dalam Sepak Bola


Teknik Menendang Bola dalam Sepak Bola - Teknik menendang adalah elemen penting dalam sepak bola. Kaki seorang pemain merupakan 'senjata' utama mereka dilapangan dan ada sejumlah teknik untuk menendang setiap bola yang memberikan hasil yang berbeda setiap kali.

Sepanjang waktu bermain sepakbola kebanyakan menendang bola menggunakan kaki bagian dalam ( dari ujung kaki hingga tumit ) atau menggunakan daerah kecil  di sekitar bagian dalam jempol kaki ( jika menggunakan perumpamaan jam sekitar pukul jam 11.00 - 12.00 )


Ada juga menggunakan 'sweet spot' atau bisa dibilang tempurung kaki. Bagian kaki ini untuk menendang bola dengan keras baik pada saat bola ditanah maupun menggunakan teknik tekndangan volley. Bagian tempurung kaki ini memiliki daya yang kuat dan akurasi karena memiliki luas permukaan yang lebih lebar.

Dengan berbagai teknik, setiap orang akan menendang dengan gaya yang berbeda-beda, untuk menendang bola dengan level kecepatan, kekuatan dan ketinggian yang berbeda. Tubuh akan selalu seimbang, dengan kepala yang diatas, kaki kiri bertumpu ditanah dan kedua tangan yang menyeimbangkan kaki ketika diayun untuk menendang bola.

Untuk menendang bola dengan tinggi dan pelan, condongkan sedikit tubuh ke belakang ketika menendang bola. Sedangkan untuk menendang bola mendatar dan cepat, condongkan tubuh ke depan dengan kepada diatas bola dan menghadap kebawah.

Teknik umpan pendek menggunakan sisi kaki bagian dalam. Teknik ini paling sering digunakan karena lebih akurat dalam umpan pendek, tendangan jarak pendek dan efektif saat menendang penalti.

Teknik Menendang Bola dalam Sepak Bola