-->

Pengertian Sepak Bola Dan Cara Bermainnya


Sepakbola adalah olahraga paling digemari di Indonesia. Setiap kalangan baik orang tua, anak-anak, pria dan wanita mengenal olahraga ini. Tetapi bagi yang masih duduk di sekolah mungkin masih bertanya tentang pengertian sepak bola dan cara bermainnya. Untuk menjawab pertanyaan pengertian sepak bola dan cara bermainnya, berikut ulasannya.

Pengertian Sepak Bola


Sepakbola terdiri dari dua kata yaitu sepak yang berarti menendang dan bola yang berarti benda berbentuk bola yang berasal dari kulit, kulit sintesis, atau plastik. Permainan sepakbola berarti menendang bola pelan-pelan (menggiring) atau menendang bola terarah (mengoper) atau menendang keras ke arah gawang.


Tujuan Bermain Sepak Bola


Tujuan dari olahraga ini adalah mencetak gol ke gawang lawan dan tim yang terbanyak mencetak gol adalah pemenangnya. Jika kedua tim bermain seimbang, tanpa gol ataupun dengan jumlah gol yang sama bila dalam kompetisi turnamen maka akan dilakukan golden goal dan jika masuk tetap seimbang, maka akan di adakan tendangan adu penalti.

Peraturan Permainan Sepak Bola


Sepakbola adalah olahraga beregu dengan beranggotakan 11 orang di masing-masing tim. Kiper adalah salah satu pemain bertugas untuk menjaga gawang diperkenankan untuk memegang bola di area kotak pinalti miliknya. Semua bagian tubuh boleh terkena bola kecuali tangan. 

Permainan berlangsung normal 90 menit dibagi menjadi 45 menit tiap babak dengan waktu istirahat sekitar 15 menit. Untuk memastikan pertandingan berlaku adil tanpa adanya kecurangan disinilah fungsi seorang wasit dan dua asisten wasit yang menjaga di pinggir lapangan. Jika terdapat kecurangan baik fisik maupun verbal maka wasit berhak untuk mengkondusifkan dengan memberikan peringatan, kartu kuning ataupun kartu merah.

Ulasan kali ini hanya membahas tentang pengertian sepak bola dan cara bermainnya, untuk lebih detail seperti posisi pemain, formasi, pola menyerang dan bertahan, teknik dasar bermain bisa di baca di ulasan selanjutnya. 

Pengertian Sepak Bola Dan Cara Bermainnya