-->

Teknik Mengoper Bola Dengan Sempurna

Teknik Mengoper Bola Dengan Sempurna


Sepakbola adalah olahraga yang membutuhkan kerjasama antar pemain. Pemain tidak bisa menggiring sendiri ke daerah lawan dengan lapangan sepanjang 110 meter. Pemain bekerjasama saling mengoper bola hingga kedaerah pertahanan lawan dan jika memungkinkan dapat menendang bola ke arah gawang lawan. Mengoper bola adalah hal yang paling dasar di sepak bola, mengoper bola mempermudah distribusi bola sehingga dapat menguasai jalannya pertandingan. 



Ada banyak teknik dalam mengoper bola - menggunakan kaki dalam, kaki bagian luar bahkan ada yang menggunakan kaki bagian bawah dengan mendorongnya kebelakang untuk mengecoh lawan. Untuk mendapati operan bola yang sempurna bisa disimak tips dibawah.

Mengoper bola gunakan kaki bagian dalam untuk mendapatkan akurasi yang tinggi.

Berikut adalah teknik mengoper bola dengan sempurna :

01 - Timing ( Pengaturan Waktu )

Passing akan gagal ketika terlalu dini atau terlambat dalam mengoper, dan momentum distribusi bola bisa jadi terhenti karena direbut oleh lawan. Sebagai contoh jika terlalu cepat mengoper ke penyerang sebelum siap, maka operan akan melaju deras di depan dan penyerang tidak bisa menjangkaunya. Sementara jika operan terlambat, bisa jadi penyerang akan terjebak offside.

02 - Power dalan mengoper bola

Pengaturan kekuatan dalam mengoper bola juga menjadi kunci. Terlalu ringan atau terlalu kuat bisa menjadi akhir dari penyerangan ke daerah lawan. Jika terlalu kuat dalam mengoper, bisa jadi rekan setim akan mendapatkan masalah dalam mengendalikan bola, sementara jika terlalu ringan dan bola tidak memiliki kecepatan memungkinkan untuk tidak sampai kepada rekan setim dan direbut oleh lawan.
Dengan mempelajari dua teknik mengoper bola diatas akan sangat membantu tim untuk melakukan penyerangan tanpa terputus dan diselesaikan dengan memasukkan bola ke gawang lawan.

Teknik Mengoper Bola Dengan Sempurna