-->

7 Posisi Pemain Sepak Bola Yang Harus Kamu Ketahui


Posisi Pemain Sepak Bola - Setiap tim sepak bola memiliki 11 pemain dan di antara 1 pemain adalah kiper (penjaga gawang). Sebuah tim bisa jadi menjadi bertahan ataupun menyerang ( baca : pola menyerang & bertahan dalam sepak bola ). Tanggung jawab pemain adalah mencetak gol ke gawang lawan dan menghentikan lawan untuk mencetak gol.


Posisi Pemain Sepak Bola 


01 - Kiper ( Penjaga Gawang )

Tujuan utama kiper adalah orang terakhir untuk menghentikan tim lawan mencetak gol. Kiper dibatasi area pinalti berbentu persegi panjang yang berjarak 18 yard dari gawang dan kiper merupakan satu-satunya pemain dalam permainan sepakbola yang diizinkan menggunakan tangannya untuk menghentikan bola.

02 - Defender ( Pemain Bertahan )

Pemain bertahan diletakkan di depan gawang dan tujuan mereka adalah untuk menghentikan tim lawan memasuki area mereka.

03 - Fullback

Fullback adalah pemain yang bertugas untuk menjaga winger lawan dari sisi kiri dan kanan pertahanan. Fullback juga bisa membantu penyerangan dengan memanfaatkan sisi lebar lapangan.


04 - Central Defender

Pemain yang berada diposisi ini ditempatkan ditengah lapangan yang bertugas untuk menutup pergerakan penyerang tim lawan.
Baca juga : Belajar Tackling ( Menghentikan Bola ) Tim Lawan

05 - Midfielder ( Gelandang )

Bertugas sebagai penghubung pemain bertahan dan penyerang. Gelandang harus mempunyai fisik yang prima dibanding posisi lain. Dikarenakan tugas gelandang mengatur permainan dan mendistribusikan bola dan kadang membantu pertahanan.
Baca juga : Teknik mengoper bola dengan sempurna


06 - Forward ( Penyerang )

Tujuan utama penyerang tim adalah mencetak gol atau membuka peluang rekan untuk mencetak gol.
Baca juga : Latihan untuk striker yang haus gol


07 - Central Forward ( Penyerang Tengah )

Sosok pemain yang paling berbahaya di lapangan. Kadang mereka juga disebut sebagai striker. Striker pada dasarnya adalah pencetak gol utama dalam permainan
Baca juga : Teknik Menendang Bola Keras dan Melengkung

7 Posisi Pemain Sepak Bola Yang Harus Kamu Ketahui