-->

Wasit dalam Sepak Bola

Wasit dalam Sepak Bola - Sosok yang terus menerus dikritik oleh berbagai pihak baik apa yang dilakukan maupun tidak dilakukannya. Wasit adalah sosok yang memiliki otoritas penuh dalam permainan sepak bola. Bertugas untuk menegakkan hukum dan mengkondusifkan situasi lapangan, bisa dibilang wasit adalah pekerjaan paling sulit di lapangan.

Wasit dalam Sepak Bola





Pekerjaannya dibuat lebih ringan karena diperbantukan oleh 2 hakim garis / asisten wasit yang berada di sisi panjang lapangan yang berbeda dan 1 wasit cadangan yang berada di touchline resmi yang bertugas memberitahukan tambahan waktu, pergantian pemain dan menggantikan wasit utama jika terjadi sesuatu. Dengan gairah sepak bola seperti emosi, ketegangan tinggi antara pemain dan supporter, namun wasit dituntut untuk tetap berkepala dingin dan tetap tenang sepanjang waktu serta harus jeli dalam mengambil keputusan.

Selain berkewajiban menegakkan 'peraturan permainan' tugas wasit sangat banyak. Diluar tugas yang tertulis, wasit juga memastikan bahwa bola yang dipakai memenuhi persyaratan yang tepat dan tidak ada peralatan ilegal yang digunakan dilapangan, peran utama wasit adalah sebagai pencatat waktu (termasuk mencatat penghentian waktu dan berkoordinasi dengan wasit cadangan) dan mengevaluasi kapan harus menghentikan permainan dalam kasus cedera atau pelanggaran.

Wasit dalam Sepak Bola