-->

Detail Ukuran Lapangan Sepak Bola Beserta Panjang dan Lebarnya

Detail Ukuran Lapangan Sepak Bola Beserta Panjang dan Lebarnya

Lapangan sepak bola mempunyai standar ukuran baik panjang dan lebarnya yang telah diatur oleh FIFA. Untuk lapangan yang baik permukaan menggunakan rumput baik alami maupun sintesis dengan ketinggian 5 cm. Bentuk lapangan harus persegi panjang dengan ukuran panjang lapangan 100 - 110 meter dan ukuran lebar lapangan  64 - 75 meter, yang sudah sesuai dengan peraturan  FIFA. Untuk detail ukuran masing-masing titik bisa dilihat berikut:


  • Ukuran Tiang Gawang : Tiang Gawang memiliki panjang 7,32 meter dan tinggi 2,44 meter terletak tepat di atas garis dan dilengkapi jaring gawang untuk menahan bola masuk.
  • Ukuran Pinalti Area : Area pinalti dibagi menjadi 4: goal kick area, pinalti area, 1/2 lingkaran radius pinalti area dan titik putih penalti. Goalkick memiliki panjang 19,32 meter dan lebar 5,5 meter. Pinalti area dengan panjang 40,32 meter dan lebar 15,5 meter. Lingkaran pinalti memiliki radius 9,15 meter dari titik putih. Titik putih berjarak 11 meter dari garis gawang.
  • Posisi Bendera Sepakan Pojok : Terletak di tiap-tiap sudut lapangan, mempunyai seperempat lingkaran dengan radius 1 meter.
  • Lingkaran Tengah Untuk Kick Off : Mempunyai radius 9,15 meter

Dengan mengetahui detail ukuran lapangan sepak bola beserta panjang dan lebarnya, dalam permainan sepakbola harus memahami taktik bermain agar dapat memanfaatkan luas lapangan dengan baik. Dipadukan dengan teknik mengoper yang baik, pemain dapat menyimpan tenaga untuk membawa bola dari daerah sendiri ke daerah lawan dan berupaya untuk mencetak gol.

Detail Ukuran Lapangan Sepak Bola Beserta Panjang dan Lebarnya