-->

7 Cara Menendang Bola Super Keras

7 Cara Menendang Bola Super Keras

Sebagai seorang striker merupakan sebuah keharusan mengerti cara menendang bola dengan keras. Menendang bola dengan keras digunakan untuk menyulitkan penjaga gawang untuk membaca arah bola dikarenakan cepat dan bola dan ketika tendangan bola terbentur oleh pemain bertahan ataupun tangan penjaga gawang masih ada kemungkinan untuk mengarah ke sisi gawang dikarenakan kerasnya tendangan bola tersebut.



Berikut 7 cara menendang bola super keras :

  1. Relaksasi tubuh walaupun menghela nafas panjang. Hal ini sering dilakukan pemain ketika akan melakukan tendangan penting seperti tendangan bebas dan tendangan pinalti. Jika tidak rileks, bisa jadi tendangan akan overpower dan tidak terarah. Biarkan tubuh mengikuti irama ketika akan menendang.
  2. Ketika menendang, tarik kaki kanan untuk menendang kebelakang dan tekuk lutut kaki kiri sedikit. Ayunan kaki yang panjang berguna untuk tendangan jarak jauh.
  3. Saat menendang, kunci pergelangan kaki kiri dan arahkan ujung jari kaki kanan ketanah.
  4. Ayunkan kaki ke arah bola. Pastikan saat mengayun posisi kaki menghadap kebawah tepat saat akan menendang bola.
  5. Pusatkan kekuatan pada kaki bawah yang digunakan untuk menendang. Secara teknis tendangan keras dan terarah ketika menendang menggunakan 'sweet spot' yaitu bagian tali dari sepatu. 
  6. Jangan menendang menggunakan jari kaki. Selain tidak terbaca arah bola nantinya, juga bisa dapat melukai jari kaki
  7. Untuk mendapatkan tendangan yang super keras, kuncinya terdapat di ayunan dan kekuatan kaki. Banyak pemain menendang dari luar kotak pinalti dengan mengayun dengan cepat dan kuat bahkan sampai terlihat melompat karena saking kuatnya mengayun.
Baca juga : Cara Menendang Bola Melambung Tinggi
Untuk menendang bola dengan super keras tidak bisa dilakukan dengan instan. Perlu latihan menendang bola yang rutin dilakukan, bahkan menendang keras saja tidaklah cukup. Perlu ditambahkan latihan akurasi untuk mengatur arah bola yang akan dituju.

7 Cara Menendang Bola Super Keras