-->

Cara Menendang Bola Agar Melambung Tinggi

Cara Menendang Bola Agar Melambung Tinggi
Tendangan Gawang - Tendangan Lambung

Pemain menendang bola melambung tinggi sangat dibutuhkan dalam permainan sepabola. Pemain menendang bola melambung tinggi dengan tujuan untuk mendaratkan bola di daerah yang tepat atau memberikan bola kepada striker / penyerang yang jauh dan tidak terjaga agar bisa memulai penyerangan. Saat penyerangan dalam mode set pieces (bola mati), tendangan bebas, tendangan gawang dan sepakan pojok sangat membutuhkan teknik ini.


Berikut cara menendang bola agar melambung tinggi :


  1. Pastikan posisi bola berada di depan bagian kanan atau sebaliknya bagi yang kidal
  2. Jika bola mati ambil beberapa langkah kebelakang atau kesamping untuk persiapan menendang. Jika bola hidup dorong sedikit kedepan untuk persiapan menendang
  3. Perhatikan bola, jika ingin bola melambung tinggi tendang bola bagian bawah dengan menggunakan area 'sweet spot', yaitu area dimana tali berada di sepatu bola.
  4. Setelah memastikan sisi bola yang akan ditendang, mulai berlari menggunakan kaki kiri sebagai penahan dan kaki kanan sebagai tolakan dan buat sudut sekitar 45 derajat ke arah bola
  5. Saat menendang, sejajarkan kaki kiri yang sebagai penahan dengan bola dan tarik kaki kanan kebelakang, ayunkan kaki sambil memutar pinggul untuk mendapat tambahan dorongan tendangan.
  6. Condongkan badan kebelakang saat menendang untuk mendapatkan hasil tendangan yang melambung tinggi.
Baca juga : Teknik Menendang Bola Dalam Sepak Bola 

Teknik Menendang Bola Melambung
Tendangan bola melambung lebih menekankan pada akurasi daripada kekuatan. Tendangan ini hampir mirip dengan tendangan 'chip' tetapi memiliki kekuatan yang lebih. Teknik menendang bola lambung ini bisa dimanfaatkan dalam mode menyerang dengan memanfaatkan winger untuk melakukan umpan silang. Hanya saja jika dilakukan dengan lari yang kencang maka bisa jadi akan menimbulkan efek tendangan bola melengkung karena menendang sisi kanan atau kiri bola.

Cara Menendang Bola Agar Melambung Tinggi