-->

Pendinginan - Cooldown

Sebuah pendinginan yang menyeluruh, sama halnya dengan pemanasan, adalah penting untuk dilakukan ketika akan bertanding ataupun berlatih. Tetapi hal ini sering diabaikan oleh banyak pemain. Tujuan dari pendinginan adalah untuk memungkinkan tubuh secara bertahap membuat transisi dari latihan-penuh ke kondisi non-olahraga. Sehingga terhindar dari cidera, ketegangan dan keleahan otot pada hari berikutnya.



Manfaatnya dari sesi pendinginan sangatlah banyak. Pertama, membantu penghapusan produk sampah yang menumpuk di otot selama pelatihan yang ketat, seperti asam laktat. Kedua, pendinginan bekerja secara bertahap untuk menurunkan suhu tubuh, denyut jantung dan tekanan darah. Dan juga melepaskan hormon-hormon yang melawan efek adrenalin, yang membuat anda merasa gelisah ketika melakukan latihan berat. Selain itu, segeralah setelah pertandingan sepak bola adalah waktu yang ideal untuk meningkatkan untuk meningkatkan fleksibilitas otot dan sendi.Otot-otot yang hangat akan lebih mudah dimanipulasi menggunakan latihan peregangan.
Hasil menyeluruh dari pendinginan yang efisien akan meningkat bersamaan dengan waktu pemulihan dari pesepakbola atau atlet. Dalam permainan modern, pemain yang berkualitas akan dipanggil bermain dua atau tiga permainan dalam seminggu dan pendinginan yang benar sangatlah penting. Memang, dalam beberapa tahun terakhir, latihan pendinginan menjadi sangat penting di era pelatihan klub sepak bola profesional.


Kadang-kadang pemain mengabaikan sesi pendinginan karena kondisi musim dingin seperti yang terjadi di Inggris. Tetapi itu bukan alasan, pendinginan bisa dilakukan di ruang ganti atau gym.

5 - 10 menit pendinginan umumnya dianggap mencukupi dan dalam istilah umum pendinginan berarti pengurangan tahap kerja keras menjadi lebih non-olahraga. Pendinginan bisa dilakukan dengan joging dengan diakhiri dengan jalan cepat dan peregangan otot yang dilakukan di dalam sesi joging.
Baca juga : Teknik Menjaga Bola
Mengurangi intensitas latihan dengan bertahan secara pelan, hal ini membantu menurunkan detak jantung secara bertahap, menghindari terhentinya aktifitas berat yang secara tiba-tiba yang dapat memaksa jantung untuk bekerja lebih keras pada awalnya. Penurunan denyut jantung secara bertahap dapat mengurangi stres pada organ.

Setelah dilakukan, berbagai kelompok otot harus direntangkan, terutama yang paling sering tegang pada saat sepak bola seperti hamstring dan otot punggung bawah. Seperti halnya latihan peregangan tradisional, juga disarankan melakukan melakukan sekitar 5 menit dari latihan menurut jenis gerakan badan. Seperti menyentuh ujung kaki dengan kaki dibuka lebar atau berbaring telentang dengan kaki di udara.
Sesi pendinginan harus selesai dalam 2 menit jogging dengan kecepatan lambat, tangan direntangkan dan kaki menendang ke tangan. Setelah semua tu, kamu harus merasakan manfaat keesokan paginya (atau lebih tepatnya tidak merasakan efek samping dari hari sebelumnya.)

Pendinginan - Cooldown