-->

Close Control - Penguasaan Bola dalam Sepak Bola

'Close Control' mengacu pada teknik menjaga bola dengan kuat dan dekat dibawah tubuh anda - biasanya ketika membawa bola ketika mendapat sentuhan pertama. Hal ini penting dalam menjaga penguasaan bola, misalnya jika mendapatkan sentuhan pertama terlalu lemah dan pemain lain akan menempatkan posisi untuk merebut bola, jika tidak sigap maka akan dikalahkan oleh defender musuh dan bola akan direbut.




Jika bola umpan tidak sampai dan tidak sempat dikuasai, defender musuh akan dengan mudah memotong jalan anda dan memenangkan perebutan bola. Tidak ada yang lebih frustasi ketika menonton seorang gelandang memberikan umpan yang sempurna kepada pemain depan tetapi pemain depan terlalu memaksakan untuk menghadapi defender dan menendang bola ke arah gawang tetapi tidak sempurna dah hanya menghasilkan tendangan gawang. Yang seharusnya bisa dikuasai dengan tenang dan melihat celah untuk menciptakan peluang lebih baik.

Untuk meningkatkan teknik 'Close Control', ada beberapa teknik yang membantu :

  1. Buat rintangan dengan penghalang di berbagai jarak dan sudut. Giring bola secepat mungkin, jaga bola tetap berada dijangkauan kaki dan berhenti di setiap rintangan.
  2. Menggiring dalam garis lurus dengan bola secepat mungkin, pastikan bola tidak menyimpang 50cm dari  kaki anda.
  3. Berlari dengan bola dan gerakkan bola dari kaki ke kaki menggunakan bagian dalam dan luar sisi kaki.

Christiano Ronaldo merupakan salah satu pemain terbaik yang memiliki kemampuan 'close control' terbaik dan melewati defender musuh, bahkan dalam kondisi rapat.

Close Control - Penguasaan Bola dalam Sepak Bola