-->

Pemanasan - Warm Up

Pemanasan sangat penting sebelum bertanding sepak bola atau dalam setiap sesi latihan. Pemanasan digunakan untuk menghindari resiko cidera. Sepak bola adalah permainan yang secara umum membuat sendi dan otot bekerja lebih ekstra, karena itu sangat penting untuk menyelesaikan aturan pemanasan hingga selesai. Manfaatnya telah dirasakan oleh pemain yang disiplin menerapkan aturan ini dan telah dirancang dengan latihan yang bagus oleh pelatih yang bagus juga membuat para pemain sangat kecil kemungkinan untuk cidera. Baca juga : Manfaat Pendinginan Bagi Sepak Bola

pemanasan dalam sepak bola

Technique - teknik

Sebelum memulai olahraga apapun otot pasti dingin dan rentan akan cidera setiap melakukan gerakan yang drastis. Banyak gerakan yang bisa menyebabkan cidera jika dilakukan berulang-ulang; seperti otot ketarik dalam melakukan tackle atau memutar 360ยบ untuk menghindari pemain lawan.


Tujuan dari pemanasan adalah secara bertahap untuk memanaskan otot, menghindari pergerakan drastis dari anggota badan. Selain itu, tujuan adalah meregangkan otot-otot untuk persiapan pergerakan yang akan dilakukan selama perandingan. Peregangan mungkin cukup berbeda antara pemain penyerang dengan pemain bertahan ataupun dengan kiper.
Sebuah pemanasan dilakukan dengan joging ringan, mungkin sekitar area 15 - 20 meter. Kemudian pola latihan bisa bervariasi. Pemanasan yang paling umum di sepak bola adalah berlari kecil kemudian merubah kecepatan dalam jarak yang pendek.

Untuk meregangkan pinggul dan menstabilkan kekuatan otot-otot dan tendon disekitar sendi pergelangan kaki yang sangat rentan cidera dalan sepak bola. Latihan ini membutuhkan mengangkat lutut keatas secara bergiliran sebagaimana berlari hingga paha keatas dan sejajar dengan air.

Calf Walk (betis)

Untuk melenturkan dan memperkuat kaki bagian bawah yang rentan akan cidera. Ketika mengambil setiap langkah, regangkan pergelangan kaki lebih panjang

Lunge Walk

Latihan ini digunakan untuk melemaskan pinggul dan melibatkan pergerakan kaki dalam pola langkah yang panjang dan seirama dengan lengan. Bagian tubuh atas harus dipertahankan lurus dan tegak.

Sideways Running (Lari menyamping)

Tujuan lari menyamping adalah untuk meregangkan pinggul dan paha bagian dalam, yang dimana bagian otot ini lebih sering tegang dalam sepak bola.

Backward Running (Lari kebelakang)

Berlari pelan kebelakang untuk mempersiapkan dan memperkuat otot paha, otot betis untuk bekerja keras selama pertandingan.

Seperti pemanasan sambil melangkah dapat diikuti dengan peregangan statis yang memisahkan otot berbeda seperti hamstring dan betis, yang semuanya membutuhkan pelatihan yang berbeda.
Pemain yang lebih muda mungkin tidak membutuhkan peregangan otot yang terlalu ketat. Namun, pemain yang lebih tua harus melakukan pemanasan dan peregangan untuk menghindari cidera.

Setelah bertanding pemain harus melakukan pendinginan untuk membantu otot-otot agar tidak tegang.


Pemanasan - Warm Up