-->

Striker / Attacker Training - Latihan Penyerang Sepak Bola



Tugas seorang striker / penyerang dalam sepak bola adalah mencetak gol, melewati pemain lawan dan membuat bingung pemain bertahan lawan dengan teknik menggiring yang luar biasa. Artikel kali ini membantu anda memperbaiki skills melalui latihan sepak bola yang dapat dilakukan sendiri di halaman rumah atau lapangan sepak bola sekitar. Beberapa latihan dipilih karena penting untuk striker modern.

01 - Fast Feet ( Langkah Cepat )


Langkah yang cepat sangat penting untuk striker modern. Lihatlah Lionel Messi, Sergio Aguero dan Alexis Sanchez. Semia pemain ini memiliki kecepatan dan kecepatan merupakan kunci ketika berhadapan dengan pemain bertahan lawan. Latihan ini dapat menguntungkan anda ketika berhadapan dengan pemain bertahan lawan yang biasanya berpostur tinggi besar tetapi tidak terlalu cepat dalam berlari. Latihan ini menggunakan tangga yang terbuat dari tali dan diletakkan di tanah. Pemain harus melewati tiap anak tangga dengan cepat dan posisi paha rata dengan permukaan air ketika diangkat. Lakukan latihan ini berulang kali.


02 - Pass & Move Instead Finish (Umpan dan Maju Kemudian Tendang)


Sebagai striker, sangat penting untuk bisa mencetak gol dengan sekali sentuhan. Anda bisa meminta tolong rekan anda atau menggunakan jaring pantul untuk latihan ini. Latihan ini sangat mudah, striker memberikan umpan pada rekan tim atau jaring pantul kemudian mendapat umpan balik kemudian diselesaikan dengan sekali sepakan mengarah ke gawang.

03 - Finish With Header (Mencetak Gol Dengan Kepala)


Terlepas dari pendek atau tingginya seorang striker, pasti akan ada kalanya memasukkan bola menggunakan kepala dalam satu musim pertandingan. Latihan ini sangat efektik ketika mendapati umpan silang dari sisi lapangan. Metode hampir sama dengan latihan no 2, kita meminta rekan tim untuk memberikan umpan lambung yang mengarah ke kepala atau kita memantulkan bola keatas jika menggunakan jaring pantul. 

04 - Cruyff Turn (Gocekan Cruyff)


Johan Cruyff adalah pemain sepak bola terbaik yang pernah ada di dunia. Pemain belanda ini terkenal dengan dribbling tingkat tinggi. Teknik ini membantu kemampuan untuk mengubah sepakan bola dengan menipu pemain bertahan lawan. Latihan ini akan mengajarkan untuk mengubah arah bola dan membingungkan pemain bertahan lawan. Teknik ini membutuhkan rekan tim atau jaring pantul. Pertama umpan kepada rekan atau jaring pantul kemudian giring bola ke kanan dengan bola di lewatkan belakang kaki. Jika digiring ke arah kanan, arahkan bola melewati belakang kaki kiri menggunakan kaki kanan. Dan lakukan terus baik ke arah kanan atau kiri.

05 - Two-footed Control ( Penguasaan Dua Kaki )


Dalam kotak pinalti kadang terjadi bola liar dimana bola jatuh di area yang tidak disangka. Latihan ini membantu striker untuk mengontrol bola dengan kedua kaki ( kanan atau kiri ) kemudian mengambil keputusan apakah meneruskan ke gawang lawan atau memberi operan ke rekan tim. Teknik ini membutuhkan rekan tim atau jaring pantul, oper menggunakan kaki yang berbeda dan bergantian. Jika dirasa sudah menyesuaikan, tingkatkan kecepatan untuk memperbaiki reflek terhadap bola pantul.

Striker / Attacker Training - Latihan Penyerang Sepak Bola