-->

Teknik Menahan Bola Pada Permainan Sepak Bola


Dalam permainan sepak bola tidak hanya menggiring dan menendang bola saja, sering kali kita menerima bola dari rekan tim dan harus menahan bola dengan baik agar tidak direbut oleh tim lawan. Teknik menahan bola wajib dimiliki semua pemain sepak bola baik level pemula ataupun profesional. Tujuan dari menahan bola adalah agar bola tetap dalam pengawasan kita, sehingga ketika mendapat operan dari rekan dengan mudah menahan dan kembali mengoper ataupun menendang ke arah gawang.
Baca juga : Teknik Dasar Permainan Sepakbola

Berikut Teknik Menahan Bola Pada Permainan Sepak Bola :


01. Menahan Bola Dengan Paha



Teknik menahan bola dengan paha merupakan elemen penting. Teknik ini digunakan ketika menerima bole lebih rendah dari paha dan diatas kaki.


02. Menahan Bola Dengan Dada



Teknik menahan bola dengan dada sangat efektif ketika mendapat bola atas. Dengan menggunakan dada, bola akan stabil dan meluncur ke tanah yang akan selanjutnya diolah, entah itu diumpan ataupun di tendang ke mulut gawang.


03. Menahan Bola Dengan Kepala



Menahan bola dengan kepala merupakan teknik untuk memenangkan bola di udara. Jika kondisi menyerang, bola atas disundul dengan kepala sesuai arah yang dimau dan digiring untuk menyerang ke daerah lawan. Dalam kondisi bertahan, sangat efektik ketika menahan bola atas.

04. Menahan Bola Dengan Kaki


Teknik menahan bola dengan kaki paling umum digunakan dalam sepak bola. Bola-bola bawah dengan akurasi tinggi menggunakan teknik ini. Bagian kaki yang digunakan adalah kaki bagian dalam, telapak kaki, ujung kaki dan tempurung kaki

Dengan mempelajari teknik menahan bola pada permainan sepak bola, pemain dapat bekerjasama dalam menerima dan mengoper bola. Dengan teknik ini, pemain juga tidak musah kehilangan bola karena ketidak sempurnaan dalam penerimaan bola.

Teknik Menahan Bola Pada Permainan Sepak Bola