-->

Peraturan Silver Goal dalam Sepak Bola


Peraturan Silver Goal dalam Sepak Bola - Silver goal adalah metode untuk menentukan hasil pertandingan eliminasi (yaitu selama Tahap sistem gugur kompetisi). Silver goal dilakukan jika telah mencapai waktu normal 90 menit dan belum ada pemenang. Jika gol dicetak selama 15 menit pertama, dah tim masih memimpin hingga 15 menit kedua, maka tim yang mencetak gol lah yang menjadi pemenang. Jika dalam babak tambahan waktu 15 menit pertama dan kedua hasil tetap imbang maka akan dilakukan adu penalti.

Keputusan ini diusulkan pada tahun 2002 untuk menggantikan metode GOLDEN GOAL, yang mendorong permainan negatif, memungkinkan pemain untuk bertahan sepenuhnya selama waktu ekstra. Diharapkan silver goal menghindari situasi yang tiba-tiba 'mati', mengurangi tekanan pada wasit dan mendorong pemain untuk lebih mengembangkan permainan positif yang dipandang terlalu beresiko dengan aturan GOLDEN GOAL.

Kompetisi besar pertama yang menggunakan aturan silver goal adalah UEFA CUP tahun 2003. Silver goal juga digunakan dalam kompetisi EURO 2004, Ketika Yunani mengalahkan lawan mereka di semi final, Republik Ceko, dengan mencetak silver goal di dua detik terakhir dari periode pertama perpanjangan waktu. Silver Goal kemudian dikecam oleh Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional, dan tidak lagi bagian aturan permainan.

Peraturan Silver Goal dalam Sepak Bola