-->

Foot Control - Penguasaan Bola dengan Kaki dalam Sepak Bola

Penguasaan Bola dengan Kaki dalam Sepak Bola - Foot Control seperti namanya penguasaan hanya dengan kaki. Pemain akan menggunakan empat bidang utama dari kaki : dalam, bawah, atas dan luar.


Kaki bagian dalam

Merupakan daerah paling aman ketika menerima bola dari sebuah umpan. Ini merupakan teknik yang penting dan sempurna menerima bola ketika bergerak. Teknik ini memungkinkan pemain untuk menjauh dari defender musuh dan menciptakan ruang. Ada satu aspek kunci yang harus diingat saat mengontrol bola dengan kaki : selalu menggunakan sentuhan pelan dan pastikan kaki relax selama pertandingan.


Kaki bagian bawah (Telapak kaki)

Sementara bagian dalam kaki merupakan bagian yang paling umum digunakan kaki ketika menerima umpan. Untuk mengontrol bola menggunakan kaki bagian bawah, bola harus dihentikan dan dalam kondisi 'mati'. Ini adalah teknik yang berguna untuk menguasai situasi beberapa waktu dalam pertandingan. Kiper sering menggunakan teknik ini sebelum mengambil tendangan gawang atau membuat umpan panjang untuk lini tengah.

Dalam situasi menyerang, bola mungkin perlu di hentikan jika bola dalam keadaan hampir keluar ketika ada umpan atau tendangan yang berlebihan.



Kaki bagian atas (Ujung kaki)

Menggunakan kaki bagian atas adalah teknik yang sulit dibandingkan dibandingkan teknik mengontrol yang lain. Namun, mungkin tidak ada alternatif dalam keadaan tertentu. Sebagai contoh, jika pemain menyerang kedepan dan bola melewati atas mereka, mereka mungkin harus meregangkan kaki untuk mendapatkan umpan, menggunakan kaki bagian atas kemudian membawa ke bawah untuk di kontrol lagi.


Kaki bagian luar (Tempurung kaki)

Bagian dari kaki ini lebih sering digunakan daripada bagian lain dalam pertandingan. Hal ini berguna dalam situasi bagaimanapun, seperti untuk mengalihkan bola dengan cepat ketika ada pemain lawan yang mendatangi.

Foot Control - Penguasaan Bola dengan Kaki dalam Sepak Bola